Muhammad Nur, M.Pd

Penulis lahir di Koto Hiling, 22 April 1970 dari pasangan ayah Jamirin Thaib dan ibu Saunan. Marupakan anak kelima sekaligus satu‐satunya laki‐lak...

Selengkapnya
Navigasi Web

SEPENGGAL CERITA TENTANG UJIAN

SEPENGGAL CERITA TENTANG UJIAN

MUHAMMAD NUR, S.Pd., M.Pd.

(GURU SMPN 2 BATUSANGKAR)

#Tantangan Gurusiana Hari ke-14#

Saat ini tengah saratnya kegiatan penilaian di semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Pendidikan dasar meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendidikan menengah mencakup Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penilaian yang tengah berlangsung saat ini antara lain, penilaian tengah semester bagi jenjang pendidikan SMP, penilaian praktik bagi siswa kelas akhir, penilaian try out yang diadakan oleh MKKS SMP, penilaian try out oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar), dan penilaian sejenis lainnya.

Pada jenjang pendidikan SMP khususnya di Kabupaten Tanah Datar tengah berlangsung penilaian tengah semester bagi siswa kelas VII dan VIII. Sedangkan, kelas IX tengah mengikuti kegiatan Try Out Dinas Pendidikan dan Kebupaten Tanah Datar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan penilaian pada saat ini diawali dengan TO Pemda yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan mata uji Bahasa Indonesia. Ujian sebagai ajang latihan tersebut berlangsung sampai pada pukul 11.00 WIB. Dengan kata lain, ujian yang bersifat ujian coba tersebut berlangsung selama 120 menit.

Ujian TO Pemda ini diikuti oleh seluruh SMP yang berada dibawah pembinaan dan koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar yakni sebanyak 55 SMP negeri dan swasta. Ujian dilaksanakan secara serentak, serempak, dengan prosedur/mekanisme yang sama. Ujian berpangkalan di satuan pendidikan masing-masing selanjutnya diproses dan diperiksa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar. Beberapa minggu setelah ujian dilaksanakan keluarlah hasil ujian tersebut.

Produk yang dihasilkan dari kegiatan penilaian TO ini adalah statistik data tentang hasil ujian tersebut. Statistik dimaksud antara lain nilai setiap mata pelajaran per-peserta ujian, peringkat peserta ujian secara individual. Disamping itu, juga rata-rata empat mata pelajaran yang diujikan, rangking mata pelajaran, rangking sekolah, dan banyak lagi data statistik lainnya yang dihasilkan dari kegiatan ujian yang sangat berguna bagi sekolah.

Sebagaimana hakiki dari sebuah penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Sebuah kegiatan penilaian dimaksudkan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang telah diperoleh siswa

Pe­ngumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak­banyak­nya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing­masing. Kuri­kulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta.

Penilaian selama ini cenderung dilakukan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Dalam konteks ini, penilaian diposisikan seolah­olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembel­ajaran. Pemanfaatan penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar, justru yang lebih penting adalah ba­gaimana penilaian mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Berdasarkan uraian singkat di atas, dapatlah diambil sebuah simpulan bahwa penilaian merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran. Penilaian dilakukan setelah suatu proses pembelajaran berakhir. Penilaian dimaksudkan untuk mengukur pencapaian suatu kompetensi yang telah ditetapkan sesuai kompetensinya. Penilaian dilaksanakan secara terencana, terprogram dan terstruktur.

--oo0oo--

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post